yamaha lexi

Sehebat Apa Performa Mesin Yamaha Lexi 125 VVA?

Yamaha Lexi 125 VVA diperkenalkan di acara internal pabrikan garputala, kemarin (15/1). Kemunculan adik Nmax ini, menimbulkan sejumlah tanya. Salah satunya, sehebat apa performa mesin barunya?

Pasalnya, sampai sekarang, Yamaha tidak mau mengungkapkan spesifikasi lengkap jantung mekanis itu. Mungkin penjabarannya baru diumumkan saat peluncuran resmi, entah kapan waktunya. Konfirmasi yang kami dapat, Lexi menggendong kapasitas mesin 125 cc. Meski serupa Mio 125, tapi teknologinya beda. Mesin anyar ini mendapat fitur katup variabel (VVA). Fungsi utama VVA untuk menjaga performa di rentang putaran mesin yang lebih luas.

Di Indonesia, belum ada skutik 125 cc keluaran Yamaha dengan VVA. Sejauh ini VVA cuma ada di motor berkapasitas mesin 155 cc: Aerox, Nmax, R15 dan Vixion. Walau begitu banyak di dunia, terdapat beberapa produk serupa Lexi, seperti Yamaha NVX 125 di Vietnam dan Nmax 125 di Jepang.

yamaha lexi
(Gambar : blibli.com)

Berikut perbedaan tersebut berdasarkan data spesifikasi di situs resmi Yamaha. Perbedaan tersebut terdiri dari mesin, dimensi maupun fitur. Berikut perbedaan tersebut:

  1. MESIN

Pada Yamaha Lexi maupun pada Lexi 125 Yamaha lainnya mengusung mesin SOHC 4 langkah dengan sistem injeksi. Namun Lexi merupakan satu-satunya sepeda yang menggunakan pendingin Liquid Cooled. Berbeda dengan skutik lainnya yang menggunakan pendingin udara. Selain itu, mesin yang digunakan oleh Ymaha Lexi mengadopsi teknologi dari variable valve actuation (VVA) yang dapat menjaga tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin. VVA merupakan teknologi yang juga sudah diterapkan di NMAX, XMAX, dan TMAX. Jika dalam hal kemampuan, tenaga dan torsi Yamaha Lexi memang lebih besar ketimbang skutik Yamaha lainnya. Terdapat 8,75 KW (11,7 tk) @8.000 rpm tenaga maksimal Lexi. Sedangkan torsi puncaknya ada di angka 11,3 Nm @7.000 rpm. Sedangkan pada Fino, Mio, Xride, dan Soul GT punya kemampuan mesin yang sama. Tapi angkanya berada di bawah Lexi. Keempatnya punya tenaga maksimal 7 Kw (9,52 tk) @8000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya ada di angka 9,6 Nm @5500 rpm.

  1. DIMENSI:

Karena masuk pada kategori Maxi Scooter, Yamaha Lexi memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang skutik 125 Yamaha lainnya. Itu bisa dilihat dari panjang dan lebar dan tingginya. Lexi memiliki ukuran panjang 1.970 mm dengan lebar 720 mm dan tinggi 1.135 mm. Jarak terendah untuk mnyentuh tanahnya adalah 133mm dengan tinggi tempat duduk 785mm dan berat isi 112 kilogram. Keempat skutik 125 Yamaha lainnya juga memiliki ukuran (panjang, lebar dan tinggi) yang berbeda. Namun dari semua skutik Yamaha tak ada satupun yang ukuran dan berat isinya melebihi Lexi. Ukuran terbesar dimiliki oleh sepeda motor Soul GT yang memiliki ukuran panjang 1.870 mm dengan lebar 685 mm dan tinggi 1.070 mm.

  1. FITUR:

Beberapa fitur pada Yamaha Lexi yang tidak bisa ditemui pada skutik 125 Yamaha lainnya. Yang pertama adalah speedometer. Lexi menjadi skutik 125 Yamaha pertama yang memiliki speedometer digital. Skutik lainnya masih menggunakan model analog. Bahkan Lexi juga telah dilengkapi oleh electric power socket yang berguna untuk mengisi daya gadget pengendara. Sedangkan pada Yamaha Lexi S, tidak lagi memakai lubang kunci. Karena sepeda motor ini telah menggunakan sistem kunci yang mana memang dibuat tanpa anak kunci atau keyless. Smart key system pada Yamaha Lexi juga dilengkapi dengan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor. Dan itu sangat memudahkan penggunanya.