4 Cara Berbisnis Melalui Media Sosial Terbukti Menghasilkan

Mulanya media sosial digunakan untuk aktivitas bersosial secara online. Namun seiring perkembangan zaman, sosial media ternyata sangat efektif untuk dimanfaatkan sebagai ajang promosi bisnis. Perlu untuk anda ketahui, di era serba modern saat ini, bisnis akan ketinggalan dengan para pesaing apabila tak mengenal dunia online, seperti media sosial. Terlebih lagi, cara berbisnis melalui media sosial terbilang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk pemula. Maka tak ada salahnya jika anda mencobanya.

cara berbisnis melalui media sosial

Saat ini media sosial sudah mempunyai peran penting dalam strategi pemasaran, baik itu bisnis kecil maupun besar. Berbagi info kepada pengunjung atau follower tak hanya satu-satunya keuntungan dalam menggunakan media sosial untuk bisnis. Pasalnya, banyak UKM di seluruh dunia yang sudah menemukan cara bagaimana media sosial bisa digunakan untuk memberikan kontribusi dalam meraih kesuksesan serta perkembangan bisnis. Untuk anda yang ingin memulai atau sudah memiliki bisnis, ada baiknya anda simak beberapa cara berbisnis melalui media sosial berikut ini.

Cara Berbisnis Melalui Media Sosial

Saat anda hendak melakukan bisnis dengan memanfaatkan media sosial, pastikan anda memiliki akun media sosial terlebih dahulu. Adapun akun media sosial yang bisa anda gunakan ialah Instagram, Facebook, Twitter, Google plus, dan masih banyak lagi lainnya. Mengenai caranya, berikut kami bagikan cara berbisnis melalui media sosial selengkapnya untuk anda.

1. Penentu Tujuan

Perlu untuk anda ketahui, tujuan bisa menentukan strategi yang nantinya akan digunakan. Tujuan strategi bisnis ini bisa anda temukan dalam beragam cara, salah satunya memanfaatkan media sosial. Tren media sosial terus berjalan. Hal ini menuntut anda untuk terus belajar bagaimana cara memanfaatkan media sosial. Jangan sampai anda kalah bersaing dengan pesaing anda. Anda bisa melihat kesuksesan yang diraih oleh orang lain di media sosial. Anda pahami cara berbisnis online melalui media sosial yang mereka lakukan.

2. Perluas Jaringan Customer




Anda bisa manfaatkan media sosial sebagai strategi pemasaran untuk memperluas jaringan customer. Cara ini memungkinkan lebih banyak orang bisa melihat produk-produk anda yang tidak bisa terjangkau pada media iklan lainnya. Pada dasarnya, anda mempunyai kesempatan untuk terus tumbuh serta menjalin hubungan dengan customer potensial apabila memanfaatkan media sosial. Anda pun hanya perlu terus aktif dalam media sosial tersebut.

3. Meningkatkan Visibilitas

Anda bisa menggunakan media sosial untuk membiarkan calon customer tahu dan terus mengikuti apa produk ataupun jasa yang anda tawarkan. Pada saat anda memberikan penawaran-penawaran menarik tertentu, maka calon customer bisa saja akan berbagi dan menyebarkan bisnis anda ke orang lain. Apalagi jika anda mempunyai banyak followers dalam akun media sosial, maka cara ini sangat efektif dalam meraih hati calon customer.

4. Perencanaan Lanjutan

Setelah semua cara berbisnis melalui media sosial diatas anda lakukan, saatnya anda melakukan perencanaan lanjutan. Anda tulis rencana social media marketing. Anda bisa menulis di Ms. Word, Ms. Excel shet ataupun Google doc. Hal ini dilakukan supaya anda bisa tahu strategi apa yang tidak berhasil saat rencana anda telah berjalan.

Anda nilai apakah media sosial yang anda gunakan memberikan manfaat yang baik atau belum. Anda bisa kembali belajar menguasai media sosial tersebut untuk target pasar anda. Setelah itu, anda buat jadwal yang konsisten. Salah satu cara untuk membangun kampanye media sosial yang solid ialah tetap berada dalam percakapan. Anda buat jadwal konsisten kapan waktu anda posting serta terlibat dengan audience anda tiap harinya.