Tips Mendapat Pekerjaan Di Job Fair Agar Anda Tidak Perlu Mengikuti Acara Ini Berkali-Kali

Tips Mendapat Pekerjaan Di Job Fair Agar Anda Tidak Perlu

Mengikuti Acara Ini Berkali-Kali

tips mendapat pekerjaan di job fair

 

tips mendapat pekerjaan di job fair¬†–

Andai saja tahu tips mendapat pekerjaan di job fair ini, Anda tidak perlu ikut acara ini untuk kesekian kalinya. Cukup sekali dan Anda segera tanggalkan predikat pengangguran.

Tentu tips untuk mendapat pekerjaan ini tidak 100% pasti berhasil. Namun, setidaknya Anda bisa mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh kebanyakan fresh graduate. Dan Anda harus tahu beberapa kesalahan kecil inilah yang membuat ratusan bahkan ribuan fresh graduate harus terus menerus datang di acara job fair. Mereka selalu tidak diterima. Bahkan, dipanggil untuk wawancara saja tidak.

Akan tetapi, yang sudah terjadi biarlah terjadi. Anggap saja keikutsertaan Anda di semua job fair selama ini menjadi pengalaman dan juga cerita ke anak cucu nanti. Dan di ajang job fair yang akan datang, Anda bisa mendapatkan pekerjaan. Tips mendapat pekerjaan ini pantas untuk Anda coba terapkan.

Penulisan CV Menjadi Kunci Utama

Di dalam sebuah acara job fair, tidak semua perusahaan mengadakan wawancara secara langsung. Kebanyakan mereka hanya menunjukkan lowongan yang ada dan pelamar bisa menitipkan CV atau curriculum vitae. Maka dari itu, CV ini menjadi kunci.



Mungkin Anda sudah diajarkan bagaimana cara membuat CV yang bagus. Namun, Anda harus tahu kriteria setiap perusahaan itu berbeda-beda. Mereka bisa menebak karakter seseorang dari CV yang Anda buah. Itulah mengapa Anda harus hati-hati dalam menulis CV.

Beberapa hal di dalam CV sudah sangat umum sekali. Biodata diri, riwayat pendidikan, serta pengalaman yang Anda miliki menjadi informasi yang wajib Anda sertakan. Akan tetapi, banyak orang yang lupa satu hal ini, yaitu menyertakan akun media sosial. Padahal, menyertakan akun media sosial pada CV merupakan salah satu cara mendapatkan pekerjaan di job fair yang paling efektif.

Mengapa akun media sosial Anda begitu penting? Seperti yang sudah disinggung sebelumnyam, CV merupakan pintu pertama di mana sebuah perusahaan mengetahui diri Anda. Mereka tahu karakter Anda dari media sosial Anda. Jadi, HRD akan menelusuri karakter Anda melalui media sosial.

Sayangnya, banyak orang justru menuliskan hal-hal yang tidak penting pada CV. Contohnya saja hobi, riwayat pekerjaan yang terlalu singkat, pengalaman yang tidak berkaitan dengan posisi pekerjaan yang Anda inginkan, dan lain sebagainya. Bahkan, beberapa perusahaan sama sekali tidak mempertimbangkan IPK yang Anda dapatkan dari universitas. Sekarang ini, perusahaan tidak terlalu memperhitungkan seberapa pintar Anda tapi seberapa tinggi kemauan Anda untuk terus belajar dan bekerja. Karena mereka tahu pengetahuan atau pendidikan yang Anda dapatkan dari universitas terkadang tidak relevan dengan kebutuhan perusahaan yang terus berubah.

Curi Perhatian HRD

Anda bisa bayangkan setumpuk berkas surat lamaran ada di meja HRD perusahaan setelah mereka mengikuti job fair. Ini pekerjaan yang sangat sulit bagi pihak HRD untuk meneliti satu persatu.

Maka dari itu, Anda akan lebih dulu jika surat lamaran pekerjaan Anda berbeda. Curi perhatian pihak HRD dengan cover surat lamaran yang beda. Bisa warna, ukuran, atau jenis kertas cover yang gunakan. Setidaknya, karena hal yang beda ini, surat lamaran Anda diambil terlebih dahulu dan Anda akan segera mendapatkan panggilan untuk interview.

Namun, terlepas dari hal tersebut, tentu saja CV yang Anda buat benar-benar menarik. Ingat, hindari penulisan data yang tidak penting di CV. Setidaknya inilah yang menjadi tips mendapat pekerjaan di job fair.

tips mendapat pekerjaan di job fair

Baca Juga  :

Tips Mendapatkan Pekerjaan Baru

Download Ebook Gratis