Cara Mencari Kerja Agar Cepat Diterima

Cara Mencari Kerja Agar Cepat Diterima

cara mencari kerja

Siapa bilang mereka yang sudah berpengalaman tidak perlu tahu cara mencari kerja yang cepat. Setiap orang harus tahu cara cepat mendapatkan pekerjaan. Yang sudah memiliki pengalaman kerja belum tentu bisa mendapatkan pekerjaan lebih cepat mengingat kebutuhan sekarang beda dengan zaman dahulu. Hampir di semua lowongan pekerjaan membutuhkan kemampuan dalam menggunakan gadget dan alat-alat modern lainnya.

Jadi, kamu yang fresh graduate tidak perlu berkecil hati. Kamu berada di start yang sama dengan mereka yang sudah memiliki pengalaman kerja. Dan fokus kamu adalah bagaimana kamu menjadi salah satu dari ribuan atau bahkan jutaan pencari kerja yang lain, entah mereka fresh graduate seperti kamu atau sudah berpengalaman. Untuk itu, penting sekali untuk tahu tips mendapatkan pekerjaan yang cepat.

3 Hal Penting Saat Mencari Kerja

Mungkin kamu sudah bosan membaca hal-hal yang terkait dengan cara mendapatkan pekerjaan. Bahkan, kamu sudah hafal di luar kepala tentang apa yang harus kamu lakukan saat mencari kerja. Kamu harus mengirimkan CV, mampu menjawab dengan tepat saat wawancara, penampilan menarik, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, coba kamu review kembali apakah tips mencari kerja yang selama ini kamu sudah praktikkan berhasil? Jika sampai sekarang kamu masih menganggur, ada yang salah dengan tips cari kerja yang kamu lakukan.



Logikanya, jika tips tersebut diketahui oleh banyak orang, seharusnya banyak yang tidak menjadi pengangguran. Itu logikanya. Tapi, mengapa justru sebaliknya? Karena mereka tidak mengerti kunci penting saat menerapkan tips mencari pekerjaan. Setidaknya, tiga hal berikut ini yang harus kamu pahami.

  1. Memenuhi Kebutuhan

Dunia ini sama halnya dengan proses perdagangan. Barang yang bagus pasti banyak yang cari. Dan kriteria bagus itu diberikan ketika barang tersebut sesuai dengan apa yang masyarakat inginkan.

 

Begitu juga logikanya ketika kamu sedang mencari kerja. Ada puluhan atau bahkan ribuan perusahaan yang sedang mencari karyawan yang mampu memenuhi kebutuhan mereka. Apakah kamu memenuhi kebutuhan mereka? Pertanyaan ini harus kamu jawab. Dan banyak sekali kriteria untuk memastikan kamu lah orang yang mereka butuhkan. Ada penjelasannya di bawah ini nanti.

 

  1. Punya Komitmen

Perusahaan tidak hanya butuh karyawan yang cerdas. Tidak cukup dengan kecerdasannya saja tapi juga punya komitmen. Karena mereka tidak ingin setiap tahun ada karyawan yang resign. Itu artinya mereka harus mencari karyawan baru, training lagi, agar karyawan tersebut bisa berjalan sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Hal tersebut sangat menghambat perkembangan sebuah perusahaan.

 

Mereka memerlukan karyawan yang cerdas dan memiliki komitmen untuk memajukan perusahaan. Makanya, ada tes wawancara. Pada intinya, saat kamu dipanggil untuk wawancara, yang mereka ingin tahu bukan hanya kemampuan atau skill karena hal tersebut sudah di tes di serangkaian tes tertulis sebelumnya. Tes wawancara dilakukan lebih untuk mengetahui seberapa kuat komitmen kamu untuk memajukan perusahaan ketika kamu diterima nanti.

 

  1. Beda

Ini cara mencari kerja cepat yang harus kamu benar-benar pahami. Bayangkan ada banyak sekali bunga mawar di sebuah taman. Mana bunga mawar yang kamu akan petik jika hanya diperbolehkan memetik satu tangkai bunga saja? Tentu saja yang mencolok, bukan? Mungkin saja yang warna beda atau yang warna merahnya benar-benar merah.

 

Perusahaan juga seperti itu. Mereka memilih orang yang beda. Mungkin ada ratusan pelamar yang berasal dari jurusan yang sama, kampus yang sama, atau bahkan satu kelas waktu kuliah dulu. Dan untuk menjadi satu dari sekian banyak yang dipilih, hanya ada satu kuncinya. Kamu harus beda.

 

Bagaimana cara agar beda? Salah satunya dengan menunjukkan personality yang baik. Secara umum, perusahaan suka dengan orang yang supel dan mudah bergaul karena mereka butuh kerjasama tim, bukan satu orang pintar yang mengerjakan banyak hal. Ke-supel-an ini bisa kamu tunjukkan ketika kamu diwawancarai.

Semoga dengan informasi ini, kamu bisa semakin siap untuk mencari kerja.

Meyakinkan Menjadi Sangat Penting Saat Mencari Pekerjaan

Ada yang mengeluh lantaran orang yang diterima kerja itu orang yang sudah dikenal oleh pemilik perusahaan atau setidaknya ada orang dikenal di perusahaan tersebut. Rasanya tidak fair, bukan?

Akan tetapi, coba bayangkan. Jika kamu seorang pemilik perusahaan, mana yang kamu akan terima antara orang yang kamu sudah tahu kemampuannya dengan orang yang kamu hanya tahu kemampuannya dari ijasah saja? Sudah pasti kamu akan memilih orang yang pertama yang kamu sudah pasti tahu kualitasnya. Makanya, tidak aneh jika mereka yang sudah kenal pemilik perusahaan yang diterima kerja. Itupun mereka tidak diterima begitu saja. Mereka diterima karena punya kualitas.

Sekarang, yang menjadi permasalahan saat kamu melamar pekerjaan adalah kamu tidak mampu meyakinkan bahkan kamu orang yang tepat. Hal berikut ini bisa kamu lakukan untuk meyakinkan pemilik perusahaan.

  • Buat CV yang Tepat

CV atau curriculum vitae tidak harus panjang. Bahkan, lebih pendek lebih bagus. Tuliskan hal-hal yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan. Tidak perlu sertakan informasi yang tidak penting.

 

Di CV, sebaiknya kamu sertakan akun media sosial mengingat pihak HRD biasanya akan mengunjungi akun media sosial kamu untuk mengetahui bagaimana karakteristik dari kamu. Makanya, hati-hati menggunakan media sosial. Apalagi jika kamu ingin segera mendapatkan pekerjaan. Pihak HRD tidak hanya menilai kepribadian orang dari tulisannya di CV atau dari hasil wawancara saja tapi juga dari keseharian mereka menggunakan media sosial.

 

Jika ada, kamu bisa sertakan juga website atau blog yang kamu punya. Akan lebih baik jika website tersebut menjadi media yang kamu gunakan untuk menunjukkan kemampuan atau skill kamu. Contohnya saja kamu melamar pekerjaan sebagai copywriter, kamu bisa tunjukkan kemampuan menulis kami di website. Begitu juga dengan kemampuan lainnya seperti desain. Tentunya website tersebut harus sesuai dengan lowongan pekerjaan yang kamu pilih.

 

  • Pelajari Dulu Tentang Perusahaan

Sebelum melamar, terutama sebelum wawancara, pastikan kamu tahu persis visi misi perusahaan. Hal ini yang membuat kamu bisa menjawab pertanyaan seperti yang perusahaan inginkan. Atau bahkan kamu bisa meyakinkan perusahaan bahwa kamu memang orang yang bisa memberikan kontribusi terhadap perusahaan. Lebih sederhana, kamu orang yang mereka butuhkan.



 

Mempelajari perusahaan bisa dilakukan melalui banyak hal. Mulailah dengan membuka situs perusahaan tersebut. Di situs tersebut, kamu bisa mengetahui visi dan misi perusahaan. Bahkan, kamu juga bisa mengerti job description kamu nantinya.

 

Akan lebih baik jika kamu juga tahu partner atau client perusahaan tersebut. Jika perlu, tanyakan ke partner atau client mengenai perusahaan tersebut. Dari sini, kamu tahu lebih jelas mengenai perusahaan lebih dari sekedar apa yang ditulis di website.

 

Kamu bisa meyakinkan pihak perusahaan jika kamu memiliki keyakinan yang kuat di dalam diri. Aura positif itulah yang membuat orang lain percaya bahwa kamu orang yang tepat untuk mereka pilih. Inilah inti dari cara mencari kerja yang cepat terlepas di posisi apa kamu ingin melamar.

cara mencari kerja

Baca Juga :

Tips Mendapatkan Pekerjaan Baru , Merasa Tidak Berkembang? Anda Perlu Baca

Download Ebook Gratis