Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri – Perguruan tinggi saat ini menjadi salah satu tujuan siswa SMA untuk bisa melanjutkan pendidikan . Gelar sarjana dirasa sangat dibutuhkan negeri ini untuk mencetak generasi cerdas . Saat ini sudah banyak sekali perguruan tinggi yang berdiri di Indonesia . Pada 2017, menurut data Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Ristek Dikti), jumlah dari perguruan tinggi di Indonesia mencapai 4.504 . Angka ini didominasi oleh perguruan tinggi swasta (PTS) yang mencapai 3.136 .

Di perguruan tinggi swasta , biaya yang dikerluarkan untuk menempuh pendidikan tidaklah sedikit . Bahkan ada yang mencapai angka Rp.25.000.0000/Semester . Sungguh angka yang cukup fantastis untuk modal melanjutkan pendidikan di negeri ini . Itu mengapa , perguruan tinggi negeri tetap menjadi primadona di kalangan anak muda sekarang .

Pendidikan Untuk Kemajuan Bangsa

Menurut UU RI Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi:

  • Pada Pasal 1 ayat 1 berbunyi “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”.
  • Pada Pasal 1 ayat 2, bunyinya “Pendidikan Tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, dan program profesi, serta program spesialis, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia”.
  • Sedangkan pada Pasal 1 ayat 6, berbunyi “Perguruan Tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan Pendidikan Tinggi”.

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Mengutip dari UU RI Nomor 12 diatas . Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi . Tentu nya untuk mengikuti pendidikan tinggi , siswa dituntut untuk memiliki pengetahuan yang baik sesuai dengan bidang kemapuan nya masing-masing . Nanti nya bidang keilmuang yang mereka miliki diharapkan bisa berguna bagi lingkungan sekitar , masyarakat sekitar , orang tua , keluarga , dan negara pada umumnya . Ini adalah salah satu upaya pemerintah , bagaimana menyejahterakan masyarakat melalui investasi intelekktual oleh kaum muda penerus bangsa . Seperti kata bung Karno ..

“Beri aku 1.000 orang tua,

niscaya akan kucabut semeru dari akarnya …

Beri aku 10 pemuda,

niscaya akan kuguncangkan dunia”

Yaa !! kaum muda adalah harapan bangsa di masa depan , mereka mereka inilah yang nantinya akan meneruskan tonggak estafet kepemimpinan bangsa . Negara telah menyiapkan itu semua melalui pendidikan dan berbagai macam program pemerintah . Mulai dari beasiswa dikti , beasiswa LPDP , dan masih sangat banyak jenis-jenis beasiswa lain diluaran sana .

Bersama Untan Membangun Negeri” 

Untuk itu Universitas Tanjungpura hadir membangun negeri . Melalui generasi cerdas dan berkualitas Bersama UNTAN Membangun Negeri . Itulah misi yang berusaha disampaikan oleh Universitas Tanjungpura . Tidak hanya berperan sebagai penonton , Universitas Tanjungpura berusaha mewujudkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkualitas . Tidak hanya sekedar materi , Universitas Tanjungpura berusaha menjadi pioneer untuk pendidikan tinggi yang berkualitas .


Saat in kualitas pendidikan di Indonesia masih pada taraf rata-rata atau biasa-biasa saja . Ini merupakan tugas kita bersama untuk bisa meningkatkan kualitas diri dan kualitas pendidikan yang ada . Negara ini tidak akan maju jika anak muda nya tidak mau berkembang . Negeri ini akan hancur jika anak muda nya tidak produktif . Untuk itu kegiatan-kegiatan melalui perguruan tinggi dirasa akan sangat bermanfaat untuk mengukir daya kritis yang ada pada mahasiswa . Mahasiswa dituntut untuk bisa mengemukakan pendapat dan ide . Menjadi pioneer untuk kemajuan lingkungan sekitar . Contoh saja , melalui kegiatan BEM kita dihadapkan pada kondisi sedang menjalankan pemeritahan dalam kampus . Hal ini tentu tidak mudah , karena hal dalam kampus sangat luas dan harus bisa mengatur itu semua . Belum lagi kewajiban sebagai mahasiswa tetap harus berjalan . Hal inilah yang nanti nya akan menjadi pengalaman tersendiri untuk mahasiswa ketika lulus dari perguruan tinggi . Ketika keluar dari dunia pendidikan , kita dihadapkan pada dunia baru, yaitu dunia kerja . Dimana kita selalu dituntut untuk proffesional dalam segala hal . Segala hal detail akan diperhatikan dalam dunia kerja . Dan tentu saja setiap hal detail tersebut menjadi tolak ukur peforma kita dalam menghadapi sesuatu .

Memasuki Dunia Kerja

Dengan adanya pengalaman pada masa perkuliahan , hal ini dirasa akan sangat membantu kita ketika kita dihadapkan pada dunia kerja nanti nya . Dunia kerja tidak kalah kejam nya dengan sulit nya menyusun skripsi . Ada banyak hal yang harus diperhatikan secara mendalam . Tetapi semua itu akan semakin mudah kita lalui , karena kita sudah memiliki modal yang cukup di masa perkuliahan . Masa perkuliahan bisa dibilang menjadi masa transisi , sebelum kita benar-benar terjun ke dunia kerja . Pada masa perkuliahan , akan ada sangat banyak pengalaman yang bisa kita ambil untuk nanti nya kita jadikan sebagai bekal dalam menjalani kehidupan kelak .

Terimakasih sudah membaca artikel ini ,  Bersama Untan Membangun Negeri” 

Bersama UNTAN membangun negeri