7 Jenis Usaha Menguntungkan di Desa yang Patut Dicoba

Tinggal di pedesaan bukan berarti anda tidak bisa berkembang. Anda bisa membuka bisnis yang memiliki peluang besar di pedesaan. Tanpa anda sadari, sebenarnya ada banyak jenis usaha menguntungkan di desa yang bisa anda jadikan ide bisnis. Beberapa jenis usaha tersebut pun tidak membutuhkan modal yang besar. Lebih menguntungkan lagi, anda bisa untung berlipat ganda apabila mampu mengelolanya secara baik.

jenis usaha menguntungkan di desa

Hal yang perlu anda lakukan dalam memulai bisnis di desa ialah mencermati peluang usaha yang memiliki prospek tinggi di pedesaan. Selain itu, anda harus ketahui minat dan bakat yang anda miliki. Sebenarnya anda juga bisa meraih kesuksesan dalam waktu cepat dengan cara belajar dari orang yang ahli pada bidang tertentu. Mengenai peluang bisnis di desa, ada baiknya anda simak beberapa jenis usaha menguntungkan di desa berikut ini.

Jenis Usaha Menguntungkan di Desa

Berikut ini kami bagikan beberapa jenis usaha menguntungkan di desa selengkapnya untuk anda.

1. Toko Kelontong

Kawasan pedesaan umumnya belum banyak terdapat toko kelontong. Anda bisa buka toko kelontong untuk membantu memfasilitasi warga desa dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari. Usaha ini sangat pas dijalankan oleh ibu rumah tangga sebagai bisnis sampingan.

2. Hidroponik

Pedesaan memang identik dengan lingkup pertanian ataupun perkebunan. Hanya saja, anda bisa membuatnya lebih modern dengan menjalankan usaha hidroponik. Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dalam menjalankan bisnis hidroponik. Hidroponik tidak membutuhkan lahan luas dan dinilai lebih higienis. Sistem hidroponik ini pun lebih murah dan praktis.

3. Jual Pulsa

Penggunaan ponsel di kawasan pedesaan kini semakin meningkat seiring perkembangan teknologi. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk berjualan pulsa. Ponsel memang tak bisa terlepas dari kebutuhan pulsa untuk telepon, sms, internetan, dan lain sebagainya.

4. Pertamini / Pom Bensin Mini Portable

Pom bensin di desa masih cukup sulit ditemukan. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk membuka Pertamini atau pom bensin mini portable. Terlebih lagi, sekarang ini anda dapat mencari peralatan pertamini secara mudah. Perkembangan bisnis pertamini di desa ini dapat dibilang lumayan bagus. Semua tergantung pada pilihan diri sendiri.

5. Pengepul Hasil Panen

Sebagian besar pekerjaan masyarakat pedesaan ialah bertani. Pada saat panen tiba, hasil panen tentunya akan melimpah. Hal ini sangat bermanfaat apabila anda membuka usaha sebagai seorang pengepul hasil panen. Anda nantinya akan menjadi distributor dari petani lokal yang lalu bisa dikirim ke pasar ataupun ke tempat lainnya. Bisnis ini memang memiliki peluang usaha yang cukup berpotensi di desa.

6. Ternak Ayam Kampung

Setiap tahunnya, kebutuhan akan daging ayam kampung terus mengalami peningkatan. Padahal, peternak ayam kampung hanya bisa memenuhi kebutuhan pasar sebesar 25% sampai 30% saja. Hal ini bisa anda gunakan untuk membuka usaha ternak ayam kampung. Dalam menjalankan usaha ini, anda bisa mencoba 3 metode, yakni umbaran, semi intensif, dan intensif.

7. Bisnis Online




Meski di desa, anda juga bisa berbisnis online. Mengingat sudah banyak operator seluler yang memiliki jangkauan jaringan terluas hingga mencangkup daerah pelosok. Anda bisa memulai usaha di bidang online shop. Ada beragam jenis barang yang bisa anda temui di media online. Anda dapat menjadi seorang reseller atau dropshoper yang tentu saja bisa berpotensi memberikan keuntungan yang lumayan. Terlebih lagi, bisnis online ini juga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja sehingga lebih mudah serta cepat.