Aneka Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Kecil

Ibu rumah tangga yang sepanjang harinya hanya di rumah bukan berarti tidak bisa mendapatkan penghasilan sendiri. Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga tanpa perlu mengeluarkan modal besar. Aneka usaha rumahan untuk ibu rumah tangga saat ini telah banyak menginspirasi sebagai bisnis sampingan yang menguntungkan. Bagi sebagian ibu rumah tangga, usaha sampingan ini mampu mengusir kejenuhan dan membantu suami mencari nafkah.

aneka usaha rumahan untuk ibu rumah tangga

Dengan modal minim ataupun tanpa modal sekalipun, anda para ibu rumah tangga bisa memulai sebuah usaha rumahan. Meski hanya sampingan, anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Kalaupun gagal, anda juga tidak perlu khawatir kehilangan uang dalam jumlah besar. Hanya saja, pastikan usaha rumahan yang anda jalankan sesuai dengan minat dan kemampuan anda. Untuk anda yang tertarik dengan usaha rumahan ini, ada baiknya anda simak aneka usaha rumahan untuk ibu rumah tangga berikut ini.

Aneka Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Berikut ini kami bagikan aneka usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang mungkin bisa menginspirasi anda.

1. Warung Makan dan Katering

Usaha rumahan ini sangat cocok untuk anda yang tinggal di lingkungan kos-kosan, perkantoran, kampus, ataupun kawasan publik yang dilalui banyak orang. Terlebih lagi, apabila anda mempunyai kemampuan memasak makanan yang bervariasi dan enak. Anda bisa mulai dengan membuka warung makan. Saat sudah mulai banyak dikerumuni pelanggan, anda bisa mengembangkan usaha menjadi jasa katering.

2. Bisnis Tanaman

Bagi anda yang senang berkebun serta terampil dalam merawat tanaman, anda bisa coba bisnis tanaman. Adapun tanaman yang bisa anda pilih ialah jenis tanaman hias, tanaman obat, dan tanaman buah. Anda bisa kenalkan bisnis tanaman anda kepada kerabat, tetangga, dan kenalan anda terlebih dahulu. Setelah itu, anda bisa mulai memanfaatkan internet sebagai ajang promosi. Alangkah baiknya lagi jika anda mengikuti acara pameran tanaman yang sering diadakan. Selain menambah wawasan mengenai tanaman, anda juga bisa berinteraksi dengan pebisnis tanaman lainnya.

3. Jualan Online




Tanpa perlu menghasilkan produk sendiri, anda bisa jalankan bisnis jualan online secara instan. Hal yang perlu anda lakukan hanyalah menjadi reseller produk yang bisa ditawarkan melalui sosial media. Komisi akan diberikan setelah anda berhasil menjual produk tersebut. Selain menjadi reseller, anda juga bisa membuka toko online (online shop) sendiri dan mengelolanya dengan baik.

4. Membuat Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan memiliki peluang bisnis yang besar. Bisnis ini bisa dimanfaatkan oleh anda yang senang dan terampil dalam membuat kerajinan tangan. Meski belum terampil, anda juga bisa mengembangkan bakat anda dengan belajar membuat kerajinan tangan dengan melihat informasinya dari internet. Mengenai pemasarannya, anda juga bisa memanfaatkan internet, seperti melalui sosial media. Supaya kerajinan tangan yang anda buat laku di pasaran, anda harus mampu menciptakan kerajinan tangan yang unik dan berkualitas.

5. Buka Les Privat di Rumah

Usaha rumahan lainnya ialah membuka les privat di rumah. Usaha rumahan ini sangat sesuai untuk anda yang senang mengajar dan mempunyai kemampuan akademik yang baik serta meyakinkan. Anda bisa mulai dengan mengajar les privat untuk anak Sekolah Dasar (SD) yang tinggal di sekitar rumah anda. Setelah banyak yang berminat, tak ada salahnya anda memperbesar usaha les privat yang anda jalankan dengan merekrut tenaga pengajar yang professional dan kompeten.

 

Baca Juga :

5 Cara Mengembangkan Usaha Kecil Menjadi Besar Secara Cepat