Cara Mencari Ide Bisnis dan Membuat Startup Sendiri

Cara Mencari Ide Bisnis dan Membuat Startup Sendiri

Cara Menemukan Ide Startup Unik

 

Cara Mencari Ide Bisnis dan Membuat Startup Sendiri –

Dari mana datang nya ide startup ?

Begitu berpikir layaknya seorang wirausahawan, Anda akan tahu bahwa ide bisnis bisa datang dari mana saja. Ketika pergi ke swalayan, perhatikan cara mereka memasang papan petunjuk. Cek harga pada menu restoran bukan hanya untuk menyesuaikan anggaran anda , tetapi juga untuk membandingkannya dengan harga di tempat lain. Saat melihat iklan, tanyai diri anda sendiri: Pesan paling penting apa yang perusahaan berusaha sampaikan ?

Dengan berpikiran seperti ini , anda akan melihat proyek bisnis mikro di mana saja. Berikut beberapa sumber inspirasi umum :

 Infesiensi di pasar.

Pernahkan anda memperhatikan sesuatu tidak dijalankan semestinya, atau anda mencari sesuatu yang tidak ada ? kemungkinan besar, anda bukan satu-satunya orang yang frustasi dengan kondisi tersebut, juga bukan satu-satunya orang yang menginginkan sesuatu yang tidak ada. Buat saja apa yang anda ingin beli, dan mungkin orang lain juga akan beli .

 

Teknologi atau peluang baru.

Ketika semua orang mulai menggunakan telepon pintar, pasar baru muncul untuk mengembangkan aplikasi, produsen casing , dan lain sebagainya. Akan tetapi, jawaban pasti tidak selalu diinginkan: Produsen jurnal cantuk dan buku catatan kertas juga menikmati kenaikan penjualan, sebagian mungkin karena adanya pelanggan yang tidak ingin semua aktivitas mereka tercatat secara elektronik .

 

Proyek sampingan.

Satu ide bisnis dapat melahirkan ide-ide bisnis yang lain. Ketika sesuatu berjalan dengan baik, pikirkan proyek sampingan yang juga dapat mendatangkan penghasilan. Brandon Pearce , mendirikan Studio Helper sebagai proyek sampingan bisnis utamanya . Sekarang, bisnis sampingan itu saja setiap tahun menghasilkan lebih dari $100.000.

 

                Saran : Saat memikirkan aneka bisnis, pikirkan juga uangnya. Biasakan menyamakan “Sumber Uang” dengan ide. Dalam diskusi dan evaluasi aneka proyek, uang bukanlah pertimbangan satu-satunya – tetapi tetap salah satu pertimbangan penting. Ajukan tiga pertanyaan berikut untuk tiap ide :

  1. Bagaimana supaya orang mau membayar untuk ide ini ?

  2. Berapa banyak yang saya akan peroleh dari ide ini ?

  3. Adakah peluang saya dibayar lebih dari satu kali ?

 

Cara Mencari Ide Bisnis dan Membuat Startup Sendiri

Intinya , semakin usaha dapat berfokus dan memberikan manfaat inti alih-alih fitur-fitur yang membosankan, semakin banyak pelanggan akan merasa terhubung. dan membeli. Strategi berikut ini mungkin akan membantu anda :

Strategi 1 : Gali Lebih Dalam untuk Mengungkap Kebutuhan Tersembunyi

Anda pikir pelanggan restoran pasti tidak akan sudi ikut ke dapur dan membuat makanan sendiri makanan mereka, tetapi kadang apa yang kata orang mereka inginkan dan apa yang sebenarnya mereka inginkan adalah dua hal yang berbeda. Kyle Hepp, fotografer pernikahan yang sering berkeliling dunia dari tempat tinggalnya di Santiago, Cile, tahu bahwa sering anda harus melihat lebih dalam. Umumnya, klien Kyle berusia muda dan trendi, dan mereka cocok dengan pekerjaan Kyle karena tidak tradisional. Bahkan, mereka kadang mengatakan mereka tidak ingin foto pernikahan tradisional apapun, “Kami tidak suka gaya konservatif”, begitu kata salah satu pasangan. Kyle setuju dan menghabiskan waktu di pernikahan untuk mengambil foto-foto yang menyenangkan dan jujur yang ia tahu akan disukai oleh pasangan tersebut .



Akan tetapi, bukan itu saja. Setelah melakukan hal ini selama beberapa saat, Kyle tahu apa yang kliennya inginkan dan apa yang mereka inginkan dapat berbeda—dan juga tahu bahwa preferensi keluarga mempelai pria dan wanita dapat saling bertolak belakang. Begini cara Kyle menangani dua keinginan yang saling bersaing tersebut :

Dihari pernikahan, saya temui mereka dan katakana, “Ayo panggil keluarga anda dan ambil beberapa foto tradisional” . Saya akan mengambilnya dengan cepat dan tidak menyakitkan. Saya jamin semua orang tertawa dan bersenang-senang, dan bukan foto biasa dengan semua orang melihat ke kamera dengan tampang menyedihkan. Kemudian setelah pesta pernikah , begitu saya kirim foto-foto tersebut, orang tua mempelai pria atau wanita akan sangat menyukainya (yang akhirnya membuat pasangan pengantin baru tersebut juga merasa senang), atau kadang mempelai pria atau wanita itu sendiri yang akhirnya sangat puas dengan foto-foto tersebut.

Kyle mau bersusah-payah mewujudkan apa yang benar-benar diinginkan oleh pengguna jasa fotografinya … meski mereka sendiri tidak menyadari hal tersebut .

Strategi 2 : Jadikan Pelanggan Anda Pahlawan

Di India, saya mendengarnya dari Purna Duggirala, yang katanya membuka usaha pelatihan untuk “membantu orang mahir dengan Microsoft Excel.” Saya tidak terlalu tertarik pada Microsoft Excel, tetapi informasi keuangan Purna menarik perhatian saya: Dalam kolom “Penghasilan Bersih Tahun Lalu” pada formulir survey saya, ia tulis $136.000. Gaji sebesar itu cukup mengesankan di tempat saya, tetapi di India, itu segunung. Itu belum seberapa. Tahun depan, tiga tahun sejak beroprasi, Purna siap membukukan lebih dari $200.000. Pelanggannya adalah para penggemar berat. Di Google, saya menemukan sebuah komentar yang bunyinya Purna adalah “BBF for Excel,” (Best Friend Forever for Excel)  sahabat terbaik selamanya, Apa yang ia lakukan samoai mengundang tanggapan seperti itu dari para pengguna table? – Cara Mencari Ide Bisnis dan Membuat Startup Sendiri

Purna membuka situs web-nya beberapa tahun lalu, tetapi selama beberapa saat situsnya hanya memuat tulisan tentang keluarga dan kehidupannya di India. Pada 2009, ia mengambil keputusan dan lebih serius mengurus nya dengan memasang rangkaian tips dan panduan tentang cara memanfaatkan Excel supaya lebih produktif. Yang paling penting, ia tidak hanya menyasar konsumen India, melainkan siapa saja yang mungkin tertarik dari seluruh dunia. Ia juga tidak mengandalkan pendapatan dari iklan, sesuatu yang sedikit sekali orang di dalam studi ini mau ungkapkan. Sebaliknya, ia menciptakan sendiri produk dan jasanya, menawarkan panduan yang dapat diunduh dan sekolah pelatihan berkelanjutan.

Purna juga jago merangkai kata. Memperbarui table sepertinya sebuah pekerjaan yang sangat melelahkan, tetapi Purna mengurangi focus utamanya pada angka dan memperbesar fokusnya pada sesuatu yang jauh lebih dahsyat: “Program pelatihan kami menjadikan pelanggan pahlawan di mat abos atau kolega mereka.” Bukan hanya pekerjaan terasa lebih mudah, kata Purna, orang lain akan mengakui dan menghargai mereka karena telah menyederhanakan sebuah proses yang rumit. –Cara Mencari Ide Bisnis dan Membuat Startup Sendiri



Purna mantan analis bisnis ini, meninggalkan pekerjaan lamanya begitu melihat bahwa uang yang dapat ia peroleh dari bisnis barunya tersebut jauh lebih banyak. Meski punya penghasilan selangit di India, Purna dan istrinya tetap hidup sederhana. “Sekarang kami tidak perlu khawatir tentang uang untuk beberapa tahun kedepan,”katanya. Nah, pelanggan baru datang setiap hari dari penelusuran Google, liputan Koran , dan ratusan tautan . “Sulit mematikan komputer”,katanya, “Meski saya ingin melakukannya.” Belajarlah dari Purna: Kalau table saja bisa dibuat begitu menarik, usaha apa pun dapat menemukan caranya untuk menyampaikan pesan yang sama .–  Cara Mencari Ide Bisnis dan Membuat Startup Sendiri

 

Strategi 3 : Jual Apa yang Orang Beli

Dalam memutuskan apa yang akan dijual, pendekatan yang paling baik adalah Jual apa yang orang beli—dengan kata lain, cari tahu apa yang orang-orang benar-benar inginkan, bukan yang menurut anda mereka butuhkan.

Cara Menemukan Ide Startup Unik

Enam Langkah untuk Memulai Usaha Sekarang Juga

Seperti kita lihat dari cerita pada tadi, Anda tidak butuh banyak uang atau pelatihan khusus untuk menjalankan suatu usaha. Anda hanya perlu produk atau jasa, sekelompok orang yang ingin membelinya, dan metode pembayarannya. Tetapi tidak perlu menunggu untuk memulai. Berikut keenam langkah yang anda perlu ambil :

  1. Putuskan produk atau jasa apa.

  2. Bangun situs web, yang paling sederhana sekalipun boleh(Anda dapat memperolehnya gratis dari wordpress.org)

  3. Kembangkan tawaran (tawaran itu berbeda dari produk atau jasa)

  4. Pastikan metode pembayarannya (buat rekening gratis di paypal untuk memulainya)

  5. Umumkan tawaran anda ke dunia

  6. Belajar dari langkah 1 sampai 5, kemudian ulangi

Hampir semua proses pembangunan bisnis mikro mengikuti urutan tersebut. Tentu saja, kita akan membahas hal-hal yang lebih spesifik nanti, tetapi sebaiknya mulailah sekarang juga daripada menunggu semuanya menjadi sempurna . Kata Fredrich Engels: “Satu ons tindakan sama dengan satu ton teori.”Pilih satu ons tindakan sekarang juga ! 

 

– Cara Mencari Ide Bisnis dan Membuat Startup Sendiri


 

Source : Buku The $100 Startup

by ; Chris Guillebeau

interview-tutorial.com

Baca Juga :

Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa